Rabu, Juli 29, 2009

Ikhlas!


Ikhlas...
Mudah di ucapkan tapi sulit dilaksanakan, mengapa! karena dalam keiklasan mengandung makna yang dalam, Dalam sulitnya himpitan membangun kampung koperasi, apa kampung koperasi itu kawan? seseorang bertanya kepadaku...
Ijinkan saya bercerita tentang Kampung,
Ketika kita melihat sebuah kampung, kita akan melihat eloknya pesawaan, aliran sungai yang menjadi penopang hidup warga kampung, dalam sebuah tatanan kampung biasanya dikepalai oleh seorang sesepuh kampung atau biasa disebut ketua kampung yang dipiih melalui rapat warga, yang mengikuti rapat pemilihan itu ada Pengusaa, guru, petani, buruh pabrik, buruh serabutan, tukang bangunan dsb, tanpa melihat status pekerjaan. ada si kaya dan si miskin semuanya punya suara yang sama. Didalam tatanan kampung ada bapak RT, yang beliau akan mengenal warganya satu persatu sehingga segala macam kesulitan warganya akan cepat diketahui oleh pa RT.
Jika jalan kampung rusak, maka ketua kampung bersama warganya akan ber gotong royong keja bakti memperbaiki jalan. tidak hanya jalan ada rumah tetangga yang membangun maka warga satu kampung itu bergiliran membantu, tidak ada kesenjangan sosial, Rumah panggung dan semi permanen berdiri berdampingan dengan halaman yang asri tanpa pagar yang tinggi, Indah kehidupan kampung itu, setidaknya aku pernah mengalaminya.
Menjelang Sore hari anak-anak berkumpul di tanah lapang untuk melakukan komunikasi dengan permainan2 kampung, ada yang solnah, ucing tenir, maen kaleci, ngadu gambar, perepet jengkol, sepdur, dsb. menjelang magrib menuju masjid untuk melaksanakan pengajian.... (aku rindu kampung....)
"Lalu, apa hubungannya dengan koperasi?" timpal temanku.
Ijinkan aku menjawab...
Koperasi... Layaknya ikhlas (mudah diucapkan tapi sulit dilakukan)
Koperasi yang sesungguhnya itu layaknya sebuah tatanan kampung yang telah saya kemukakan diatas, dipimpin oleh seorang ketua, anggota koperasi itu saling mengenal dan saling memahami, gotong royong dalam membangun satu tujuan. Sulit aku menjelaskan, Jika anda ingin paham koperasi maka kuncinya anda harus mengetahui Tatanan, adat istiadat Kampung,
Sehingga Lahirlah Kampung Koperasi!

Tidak ada komentar: