Minggu, Juli 12, 2009

"Selamat Ulang Tahun Koperasi"


Selamat Ulang Tahun
Kami Ucapkan
.....
Panjang Umurnya 3x
Serta Mulia 3x
---------
Tiup Lilinnya 3x
Sekarang Juga 3x
---------
Potong kuenya 3x
Sekarang Juga 3x

Teman-teman seperjuangan, hari ini telah tiba koperasi indonesia melaksanakan "jareugh/ulang tahun/ tepang taun/dsb". seyogyanya kita semua sekarang untuk terus memperjuangkan cita-cita luhur pendiri negara ini yaitu mensejahterakan masyarakat.
Saya merenung, melihat kebelakang, sekarang dan masa yang akan datang. Hentikan lagu di atas untuk koperasi. mengapa !
"Panjang Umurnya"
Tentu kita berharap koperasi di indonesia dapat menjadi tulang punggung ekonomi bangsa ini yang berlandaskan kekeluargaan dan gotong royong. sehingga umurnya panjang itu menjadi harapan kita semua.
"Mulia"
Kita semua pasti berharap bahwa koperasi mempunyai kemuliaan dihadapan seluruh paham yang ada di negeri ini. memberikan warna dalam kehidupan perekonomian negara. membawa kemulian bagi rakyat indonesia.

Hetikan sekarang juga... apa?
"Tiup lilinya"
Kata itu sangat menyentuh, bagaimana tidak ketika kita sedang bersemangat untuk mengembangkan sistem ekonomi yang bercirikan kebangsaan. kita harus memadamkan api semangat itu, ironisnya diperkuat dengan "Sekarang juga" berarti kita harus menghentikan tujuan memuliakan koperasi sekarang juga. (dilihat dari perspektif simbolisasi bahasa).
"Potong Kuenya"
Kata itu sungguh amat sangat memperlihatkan bahwa kehidupan berkoperasi saat ini harus segera dihentikan, kebijakan yang saat ini menunjukan keberpihakan kepada masyarakat harus segera dihentika, dipotong. lalu diperkuat dengan "Sekarang juga" berarti kita harus setuju untuk memotong jalur kebijakan yang berfihak kepada masyarakat sekarang juga.
Akhirnya ...
Setelah kita bermunajat kepada tuhan yang maha ESA, bahwasanya koperasi itu harus selalu ada di republik ini, koperasi itu harus berumur panjang dan harus mempunyai kehormatan dan kemuliaan. akan tetapi semangatnya harus dimatikan, keberpihakannya kepada masyarakat harus dihentikan dengan intruksi sekarang juga.
Kesimpulannya...
ketika kita hendak berjuang, jangan terjebak oleh kata-kata yang membingungkan, dari lagu itu kita bisa faham dan mafhum, ketika kita menterjemahkan suatu masalah pasti kita akan dihadapkan kepada polemik yang berkepanjangan. karena kita semua berbeda dalam melihat sudut pandang...
Marilah dalam momentum yang sangat berharga ini di Hari Koperasi Indonesia hari ini, kita bangun diri kita, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. kita ajak semua bahwa kita mampu membangun semua itu dengan sumber daya yang kita miliki. kita mesti sabar menghadapi segala tekanan, dalam perjuangan selalu ada yang kehilangan, dalam perjuangan selalu ada yang ketinggalan, dalam perjuangan selalu ada penderitaan.

Jika Engkau Bersedih,
Berkacalah dalam-dalam kelubuk hatimu.
Disana akan engkau dapatkan,
bahwa yang membuat deritalah,
yang akan memberimu bahagia (NN)

"Tidak oleh kita, Mungkin anak cucu kita, Jayalah Indonesia Raya"

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Abah hapunten ngiring ngait kana eusi artikel anu meun ieu di http://www.facebook.com/djadja.

Hatur nuhun

Djadja Sardjana